.
Silver Arrow Hobby is proud to be the sole distributor for Vmar Aircraft, JBA engine, Bolly Propellers, Power Master Fuel, Riccs Products, GR pro Gasoline engine, RCV Engine, Famous RC, Logitech, GT Racing, Century Helicopter, ESM Aircraft, Yurotech Plane Model
When u think About RC . You Just Fount It
technical information
       
 
ARTIKEL BERDASARKAN
KATEGORI
------------------------------------------------------------------------------------
Sejarah Aeromodelling Indonesia
Beginner Sections
Aircraft
Helicopter
All About Engine
Kamus RC

 

A Random Image
 

 

Final Check Sebelum Terbang
 


10 TIPS SEBELUM TERBANG

Pesawat elektrik paling mudah di gunakan, dan paling simple, dari yang siap terbang langsung setelah keluar dari box, sampai yang harus di rakit dulu dari potongan potongan (kit). Meskipun teknologi sekarang ini mampu untuk membuat apa aja dan untuk membuat pesawat langsung terbang. Namun Basic Pengecekan Dasar sebelum terbang tetap saja wajib hukumnya. Ini dilakukan untuk pesawat apa aja, dan hanya membutuhkan waktu yang sedikit, disamping itu, menjamin pesawat kamu tidak ada yang salah dan tidak ada penyesalan kemudian. Ingat jangan gara gara kesalahan kecil kitakehilangan pesawat karena crash.


1. Keseimbangan. sebelum terbang pertama kali, sebagai check terakhir adalah check CG (Center of grafitiy) dari model. Ingat CG berefek menjaga kestabilan pesawat. CG yang maju depan dari titik CG sebenarnya akan menambah kestabilan namun mengurangi kemampuan manuvernya. CG yang agak kebelakang berefek sebaliknya. Namun apabila CG terlalu jauh kebelakang, pesawat akan menjadi tidak stabil dan tidak mungkin pilot sejago apapun untuk mengendalikannya. Pada umumnya CG pesawat terletak pada 25-33 persen dari leading egde depan. Pada pemula buatlah CG agak maju kedepan untuk menambah stabilitas pesawat, setelah kemampuan kamu meningkat, kamu akan dapat mencari sendiri posisi CG mana yang bagi kamu terbaik terhadap posisi CG yang sebenarnya. (catatan : maju mundur CG dari titik sebenarnya berkisar antara 2.5 cm kedepan atau kebelakang dari CG pusat).



CG yang benar akan membuat pesawat stabil, CG yang terlalu kebelakang akan membuat pesawat tidak dapat dicontrol


2.Bagian Kontrol pesawat . Bagian kontrol pesawat merupakan bagian yang kritis pada waktu terbang, Pastikan semua bagian kontrok terpasang dengan baik, clevis telah di lock dengan baik, pastikan semua pushrod lancar dan tidak ada yang binding atau tertahan. Periksa semua Hinges telah terpasang dengan baik dan kuat. Perhatikan apakah terjadi Futter (vibrasi yang terjadi pada bagian kontrol), ini terjadi biasanya karena ada ganguan pada servo atau frekwensi servo. Futter dapat menjadikan pesawat menghancukan diri sendiri. Double Check sekali lagi untuk semua control horn, clevis bahawa semua telah terpasang dengan baik. (catatan dapat menggunakan fuel tube untuk mengamankan clevis standard agar tidak lepas waktu terbang)



Pastikan semua arah control benar, dan model setting benar


3. Arah kontrol. Periksalah semua arah kontrol pesawat, pastikan tidak ada bagian yang terbalik, tarik stik elevator kebelakang, control elevator akan naik, stik aileron ke kanan, bagian aileron kanan naik,aileron kiri turun, stik rudder ke kanan, control rudder ke kanan. (catatan posisi pilot pada bagian belakang pesawat)


4. Pemasangan. Perakitan yang benar akan membuat pesawat terbang lebih baik, Pastikan sayap tidak twist atau melintir, ini akan membuat pesawat cenderung untuk roll ke salah satu arah. lihat sayap terhadap body, pastikan sudut sayap masing masing sudah sama terhadap body pesawat. Juga pastikan stabiliser juga sudah saling tegak lurus terhadap badan pesawat, pastikan ujung sayap masing masing terhadap ekor sudah sama. Terakhir pastikan stabiliser ekor dan sayap sudah sejajar.


5. Instalasi Radio . Check receiver, battery atau ESC sudah terikat dengan baik, pastikan jangan sampai terlepas ketika terbang atau manuever. Komponen yang lepas dapat berakibat fatal atau bergesernya CG. pastikan juga agar penempatan tidak mengganggu pergerakan push rod. Gunakan Velco dan double tape untuk mengikat.


6. Instalasi Motor atau mesin . kamu dapat memasang mesin/ motor dengan berbagai macam cara, ikat, lem , baut. Namun kamu harus memastikan bahwa semua terikat dan terpasang dengan kencang, motor atau mesin yang terlepas dapat menyebabkan getaran pada pesawat dan akan memperlemah struktur dari pesawat.Pastikan sudut mesin atau motor sudah benar terhadap body pesawat. Mesin atau motor umumnya terpasang down thrust (condong kebawah) dan right thrust (condong kekanan) untuk meminimalkan perubahan ketinggian ketika menambah atau mengurangi power. Pastikan propeller sudah terpasang dengan kencang. Propeller yang lepas akan menyebabkan Mesin atau motor over RPM dan rusak.


7. Check Jarak Radio .Untuk terbang perdana, atau checking secara periode, kamu harus mengecek jarak jangkauan remote. Pada radio radio tertentu pengecekan dilakukan dengan antena radio tidak ditarik, dan kontrol pesawat harus tetap bekerja pada jarak radio 50 - 100 langkah dari pesawat. Baca manual book radio anda untuk prosedur pengecekan jarak radio


8. Balance propeller. Meskipun sekarang ini propeller telah banyak yang di balance, namun tidak ada salahnya untuk mengecek ulang, Vibrasi yang terjadi oleh propeller dapat menyebabkan propeller lepas, dan mengurangi umur mesin atau motor. (contoh propeller yang sudah di balance oleh pabrik : Bolly Propeller)



9. Charge battery. Pastikan battery dalam posisi telah di charge baik battery receiver ataupun transmitter.


1O. Structural integrity. Ketika kamu pertama kali mau merakit, pastikan semua bagian pesawat tidak ada yang rusak atau retak, gunakan CA dan epoxy untuk memperbaiki kerusakan yang ada. cek seluruh baut baut sekali lagi dari baut sayap sampai roda, pastikan semuanya sudah terpasang dengan baik dan kencang. check seluruh covering pesawat, pastikan tidak ada cover yang berlubang ataupun terlepas.


SAVETY IS NO 1. YOU ARE READY TO TAKE OFF NOW......


HAPPY FLYING...

 
melihat artikel sebelumnya melihat artikel berikutnya
.
 

 

 

 

   
 
 
         
   
Get Start now !!, we have large collections for your hobby, Get your first Model and ready to fly this week end.
 
Join Our Discussion Forum and discuss everything about rc, technical ,with many hobbies
 
No plan for Week End?
Why dont you try Something different, Visit aermodelling clubs, join our Sunday Flyer activities
   
You are free to join
 
or see Aeromodelling's events in cities near you
   
Available in Indonesia Languange only
 
   
Find events
 
 
Special Offer
.

 

Web Design 2008 By PT. Puri Global Internusa - Jakarta